Skip to main content

Syarat Menjadi Petugas MC dan Protokol

Kalau dari segi etimologinya protokol berasal dari kata protos yang artinya lembar pertama dan kolla yang artinya melekatkan. Protokol merupakan etiket resmi berbagai upacara kenegaraan yang sarat akan tata tertib, tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan.

Baca juga: Artikel Ilmiah, Informasi, Opini, Tutorial, Tips dan Trik kaumkritis.com

Jadi berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa seorang protokol harus memiliki syarat-syarat wajib yaitu berpenampilan menarik, teliti, berwawasan luas, berkepribadian baik, memiliki keahlian dalam berkomunikasi dan cerdas. Dengan adanya syarat-syarat tersebut yaitu bertujuan untuk melancarkan dan mensukseskan acara.

Syarat-syarat Menjadi Petugas MC dan Protokol

A. Syarat-syarat Menajadi Petugas Protokol

1. Penampilan yang menarik yaitu sikap yang luwes dan menarik yang meliputi: Cara berdiri, cara duduk, cara berjalan, cara berbicara, gerak-gerik tangan .

2. Ketelitian dan kepekaan, harus teliti akan segala sesuatu yang dianggap penting.

3. Wawasan yang luas dalam bidang dan ilmu sosial lainnya, yaitu memiliki keahlian dan wawasan serta pengetahuan yang luas.

4. Kepribadian yang baik, yaitu ramah, sopan dan menyenangkan.

5. Kemampuan berkomunikasi yang baik, yaitu dapat menyampaikan maksud dan tujuan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami.

6. Cerdas, berpendidikan tinggi dan memiliki pola pikir yang mumpuni.

B. Syarat Menjadi Petugas MC

1. Komunikatif

Komunikatif artinya pandai bicara dan mahir menulis. Pandai bicara artinya bukan “pinter ngomong” kaya politisi atau “pandai bersilat lidah” dalam konotasi negatif.

Pandai bicara di sini artinya lancar berbicara secara “mengalir”, runut, logis, sistematis. Nah, itulah sebabnya, setiap penyiar radio, yang sudah terbiasa berbicara “nyerocos” di depan mike, umumnya bisa jadi MC dengan baik.

Dan juga harus mahir menulis, karena MC sering harus menuliskan naskah MC-nya dan mencatat pokok pembicaraan yang disampaikan pemateri.

2. Kreatif

Syarat jadi MC harus Smart and Creative. Secara harfiyah kreatif (creative) artinya “memiliki daya cipta”. Seorang MC harus mampu menciptakan hal-hal baru agar acara yang ia pimpin menarik dan “seru”.

Sering kali MC dituntut berimprovisasi, terutama jika acara berlangsung tidak sesuai dengan rundown.

MC pun dituntut mampu Spontaneous on Stage, melakukan hal spontan yang pas di atas panggung.

3. Luwes

MC harus fleksibel dan adaptif, mudah menyesuaikan diri dengan orang lain dan situasi. Ia harus bisa berkeja sama dalam tim, dengan panitia, dengan pembicara, dan dengan hadirin.

Secara ‘teori”, tugas MC itu menjadi “jembatan” antara panitia penyelenggara, pembicara/pengisi acara, dan hadirin. M menjadi “etalase” panitia, corong panitia, atau mewakili panitia selama acara.

MC menjadi “promotor” dan teman bagi pembicara/pengisi acara. MC harus mampu membangkitkan rasa “PD” pembicara.

MC juga menjadi “wakil hadirin” sehingga harus bisa “menyampaikan aspirasi (keinginan)” hadirin kepada panitia dan pengisi acara.

4. Good Looking

Syarat jadi MC harus enak dipandang, enak dilihat. Pakaiannya harus “pas”, sesuai dengan acara.

Dandanannya tidak norak, tidak menor. MC tidak mesti “cakep” atau “cantik”.  Mantap juga sih kalo cakep atau cantik. Pokoknya, harus good looking, baik dari sisi fisik, busana, maupun (terutama) sikap (attitude). MC adalah pusat perhatian hadirin saat awal acara, akhir acara, dan “jeda” antar-pengisi acara.

5. Percaya Diri

Ini soal sikap. Syarat jadi MC  harus punya rasa percaya diri karena ia akan menjadi “pemimpin”, yakni pemimpin acara.

Untuk membangun rasa percaya diri antara lain sering berlatih, rajin baca untuk menambah wawasan, dan menguasa betul rundown atau detail acara.

6. Kemampuan Bahasa

Syarat jadi MC harus memahami kaidah tata bahasa agar pembicaraannya logis, mudah dimengerti, terutama untuk MC formal.

MC juga harus menguasai ragam bahasa slank, bahas gaul, bahkan bahasa “alay” untuk suasana acara tertentu, misalnya acara yang dihadiri mayoritas anak muda.

Kemampuan bahasa Inggris akan sangat membantu tugas MC, terutama dalam hal pengucapan istilah asing (Inggris).

7. Golden Voice

Ini istilah dunia broadcast, terutama penyiar radio. Syarat jadi MC harus memiliki “suara emas” (golden voice) karena suara MC-lah yang mengendalikan acara dari awal hingga akhir.

Suaranya mesti merdu, jelas, enak didengar, dan intonasinya pas. Tiap MC memiliki suara yang khas, namun sama-sama enak didengar.

8. Ekspresi Suara

Syarat jadi MC harus mampu mengekspresikan suara dengan jelas, indah, tepat, disertai penjiwaan, pemahaman, dan pernafasan yang baik.

Ekspresi suara juga memancarkan dan mencerminkan kepribadian. Ekspresi suara dibangun dari “suara alami” (natural voice), tidak dibuat-buat.

9. Teknik Vokal

Suara emas dan ekspresi suara bisa dilatih atau dibangun dengan (latihan) teknik vokal, yakni tekni mengeluarkan suara terbaik.

10. Humoris

MC itu seorang entertainer, “penghibur”. Karnanya, syarat jadi MC harus humoris. Ia harus mampu menghibur hadirin dan menyegarkan suasana dengan joke, humor, atau candaan yang “berkelas” (tidak norak apalagi “jorok”).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar