Skip to main content

Contoh Format Proposal Pendirian Lembaga Media

PROPOSAL PENDIRIAN LEMBAGA  MEDIA

MAJALAH MINGGUAN

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah yang telah memberikan nikmat yang tak terhingga. Tidak lupa pula shalawat dan salam kami junjungkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang telah membawa kedamaian dan rahmat untuk semesta alam.

Baca juga: Artikel Ilmiah, Informasi, Opini, Tutorial, Tips dan Trik kaumkritis.com

Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kami dalam menyusun proposal pendirian lembaga ini. Proposal ini merupakan langkah awal sebagai bentuk perencanaan untuk mendirikan sebuah perusahaan media majalah mingguan

Kami menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritikan dan saran yang membangun untuk ke depannya. Akhir kata kepada Allahlah kita berlindung dan memohon ampunan. Semoga Allah memberikan yang terbaik bagi kita semua.

Jember, 5 Januari 2021

PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

Setiap hari masyarakat diterpa dengan berbagai informasi. Arus informasi datang dari berbagai bentuk media massa, mulai dari media cetak hingga elektronik. Berbagai jenis dan nama media pun kian menjamur. Media cetak bisa berbentuk surat kabar, majalah, tabloid, dan buletin. Masing-masing media ini memiliki kelebihan, sehingga keberadaannya masih bisa kita lihat saat ini.

Jika melihat fenomena yang terjadi, televisi dan internet merupakan media yang paling berpengaruh memberikan efek kepada publik. Hal ini tentu saja menggeser popularitas media cetak sebagai media pertama. Namun beberapa perusahaan media cetak di Jember masih bertahan menerbitkan versi cetaknya.

Melihat persaingan yang cukup ketat, kami menyadari bahwa tak mudah untuk bertahan di tengah pesatnya teknologi informasi. Belum lagi dengan adanya konglomerasi media oleh para pengusaha media di Indonesia. Namun, kami berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menciptakan media yang lebih inovatif dan berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa.

Saat ini, majalah masih diminati masyarakat. Harganya yang relatif murah dibandingkan media lain memungkinkan untuk dikonsumsi oleh segala lapisan masyarakat. Masyarakat pun telah terbiasa menjadikan majalah sebagai salah satu referensi mereka baik dalam menghibur diri atau mendapatkan informasi. Hal ini memberi peluang bagi pebisnis majalah karena bisnis ini cukup menjanjikan. Oleh sebab itu, kami berminat untuk mendirikan perusahaan majalah harian.

Media majalah ini memiliki misi untuk ikut mencerdaskan bangsa melalui informasi-informasi yang menarik, mudah dimengerti, bervariasi, mendidik, benar, dan bermanfaat bagi masyarakat. Untuk menjalankan misi tersebut, kami membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak agar dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya informasi. Dengan demikian, kami sertakan proposal ini sebagai langkah awal perencanaan dalam mewujudkan misi media.

2. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

A. Nama Perusahaan

Perusahaan surat kabar ini kami namakan MALMING yang merupakan akronim dari Majalah Mingguan. Kami tampil sebagai media yang berupaya untuk memberikan wawasan dan inspirasi bagi masyarakat yang haus akan informasi dan hal-hal menarik.

Selain itu, melalui MALMING, kami ingin memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan bangsa dan menjadi penghubung antara pemerintah dengan masyarakat.

B. Alamat Perusahaan

Perusahaan beralamat di Jalan Rembangan Tepatnya, di depan masjid An-Nabawiy yang berada di komplek lembaga pendidikan MI Ar-Rahim. Pemilihan tempat tersebut atas dasar pertimbangan kesesuaian tempat dan jarak tempuh yang dekat dengan perkotaan.

C. Moto Perusahaan

Moto dari MALMING ini adalah Cerdas, Menarik, Variatif, Demokratis, dan Inovatif. Moto ini merupakan semboyan kami yang mendeskripsikan bahwa media ini diterbitkan dengan tujuan mencerdaskan dan berpihak pada kepentingan masyarakat dan juga mengibur masyarakat dengan konten yang menarik. Kami juga berupaya untuk menghasilkan karya majalah yang baru dan berbeda dari yang telah ada.

D. Struktur Prusahaan

Adapun orang-orang yang terlibat dalam perusahaan majalah adalah sebagai berikut.

1. Pemimpin Umum

Ia bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya penerbitan pers, baik ke dalam maupun ke luar. Ia dapat melimpahkan pertanggungjawabannya terhadap hukum kepada Pemimpin Redaksi sepanjang menyangkut isi penerbitan (redaksional) dan kepada Pemimpin Usaha sepanjang menyangkut pengusahaan penerbitan.

2. Pemimpin Redaksi

Pemimpin Redaksi (Editor in Chief) bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian sehari-hari. Ia harus mengawasi isi seluruh rubrik media massa yang dipimpinnya. Di suratkabar mana pun, Pemimpin Redaksi menetapkan kebijakan dan mengawasi seluruh kegiatan redaksional. Ia bertindak sebagai jenderal atau komandan yang perintah atau kebijakannya harus dipatuhi bawahannya. Kewenangan itu dimiliki katena ia harus bertanggung jawab jika pemberitaan medianya “digugat” pihak lain.

Pemimpin Redaksi juga bertanggung jawab atas penulisan dan isi Tajukrencana (Editorial) yang merupakan opini redaksi (Desk opinion). Jika Pemred berhalangan menulisnya, lazim pula tajuk dibuat oleh Redaktur Pelaksana, salah seorang anggota Dewan Redaksi, salah seorang Redaktur, bahkan seorang Reporter atau siapa pun dengan seizin dan sepengetahuan Pemimpin Redaksi yang mampu menulisnya dengan menyuarakan pendapat korannya mengenai suatu masalah aktual.

3. Dewan Redaksi

Dewan Redaksi biasanya beranggotakan Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan Wakilnya, Redaktur Pelaksana, dan orang-orang yang dipandang kompeten menjadi penasihat bagian redaksi. Dewan Redaksi bertugas memberi masukan kepada jajaran redaksi dalam melaksanakan pekerjaan redaksional. Dewan Redaksi pula yang mengatasi permasalahan penting redaksional, misalnya menyangkut berita yang sangat sensitif atau sesuai-tidaknya berita yang dibuat tersebut dengan visi dan misi penerbita yang sudah disepakati.

4. Redaktur Pelaksana 

Di bawah Pemred biasanya ada Redaktur Pelaksana (Managing Editor). Tanggung jawabnya hampir sama dengan Pemred / Wapemred, namun lebih bersifat teknis. Dialah yang memimpin langsung aktivitas peliputan dan pembuatan berita oleh para reporter dan editor.

5. Redaktur

Redaktur (editor) sebuah penerbitan pers biasanya lebih dari satu. Tugas utamanya adalah melakukan editing atau penyuntingan, yakni aktivitas penyeleksian dan perbaikan naskah yang akan dimuat atau disiarkan. Di internal redaksi, mereka disebut Redaktur Desk (Desk Editor), Redaktur Bidang, atau Redaktur Halaman karena bertanggung jawab penuh atas isi rubrik tertentu dan editingnya. Seorang redaktur biasanya menangani satu rubrik, misalnya rubrik ekonomi, luar negeri, olahraga, dsb. Karena itu ia dikenal pula dengan sebutan “Jabrik” atau penanggung jawab rubrik.

6. Redaktur Pracetak

Setingkat dengan Redaktur/Editor adalah Redaktur Pracetak atau Redaktur Artistik. Ia bertanggung jawab menangani “Naskah Siap Cetak” (All In Hand/All Up) dari para redaktur, yaitu semua naskah berita yang sudah diturunkan ke percetakan dan sudah diset bersih, desain cover dan perwajahan (tataletak, lay out, artistik), dan hal-ihwal sebelum koran dicetak.

Bagian lain di yang berada di bawah koordinasi Redaktur Pracetak adalah Setter atau juruketik naskah. Ia bertugas mengetik naskah yang akan dimuat. Ada pula Korektor yang bertugas mengoreksi (membetulkan) kesalahan ketik pada naskah yang siap cetak.

7. Reporter

Di bawah para editor adalah para Reporter. Mereka merupakan “prajurit” di bagian redaksi. Mencari berita lalu membuat atau menyusunnya, merupakan tugas pokoknya.

8. Fotografer

Fotografer (wartawan foto atau jurupotret) tugasnya mengambil gambar peristiwa atau objek tertentu yang bernilai berita atau untuk melengkapi tulisan berita yang dibuat wartawan tulis. Ia merupakan mitra kerja yang setaraf dengan wartawan tulisa (reporter).

Jika tugas wartawan tulis menghasilkan karya jurnalistik berupa tulisan berita, opini, atau feature, maka fotografer menghasilkan Foto Jurnalistik (Journalistic Photography, Photographic Communications). Fotografer menyampaikan informasi atau pesan melalui gambar yang ia potret. Fungsi foto jurnalistik antara lain menginformasikan (to inform), meyakinkan (to persuade), dan menghibur (to entertain).

9. Koresponden

Selain reporter, media massa biasanya memiliki pula Koresponden (correspondent) atau wartawan daerah, yaitu wartawan yang ditempatkan di negara lain atau di kota lain (daerah), di luar wilayah di mana media massanya berpusat.

10. Bidang Pendukung Redaksi

Bagian yang tak kalah pentingnya untuk membantu kelancaran kerja redaksi adalah bagian Perpustakaan dan Dokumentasi serta bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Litbang memantau perkembangan sebuah penerbitan, survei pembaca, dan memberikan masukan-masukan bagi pengembangan redaksional dan bagian lainnya, termasuk pembinaan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia

11. Bagian Usaha (Business Department)

Bertugas menyebarluaskan media massa, yakni melakukan pemasaran (marketing) atau penjualan (saling) media massa. Bagian ini merupakan sisi komersial meliputi sirkulasi/distribusi, iklan, dan promosi.

Biasanya, bagian pemasaran dipimpin oleh seorang Pemimpin Perusahaan atau seorang Manajer Pemasaran (Marketing Manager) yang membawahkan Manajer Sirkulasi, Manajer Iklan, dan Manajer Promosi.

Jika digambarkan dalam tabel, struktur organisasi perusahaan surat kabar ini adalah sebagai berikut.

No.

Nama

Pendidikan

Jabatan

1.

Ruhil Candra

S2 Jurnalistik, S1 Komunikasi, S1 Ekonomi

Pemimpin Umum (General Manager)

2.

Dani

S2 Jurnalistik, S1 Komunikasi

Pemimpin Redaksi

3.

Fika

S2 Jurnalistik

Dewan Redaksi

4.

Yuliati

S1 Komunikasi Penyiaran

Redaktur Pelaksana

5.

Rahman

S1 Jurnalistik

Redaktur

6.

Nususodiq

S1 Sosial

Redaktur Pracetak

7.

Hamam

Widianto

Rubianto

Haslan Maulana

Iwan

Devina

S1 Jurnalistik

S1 Jurnalistik

S1 Jurnalistik

S1 Komunikasi

S1 Komunikasi

S1 Komunikasi

Reporter

8.

Fikri yanto

Maudi ayunda

Siti Munaroh

Yusuf Hadi

Mahesa

Surtadi

S1 Jurnalistik

S1 Jurnalistik

S1 Jurnalistik

S1 Jurnalistik

S1 Jurnalistik

S1 Jurnalistik

Fotografer

 

9.

Irfan natih

Miftahul

Ulil Abror

David

S1 Jurnalistik

S1 Jurnalistik

S1 Jurnalistik

S1 Komunikasi

Koresponden

 

10.

Sofyan hadi

Widianto

Rubianto

Haslan Maulana

S1 Jurnalistik

S1 Jurnalistik

S1 Jurnalistik

S1 Komunikasi

Bidang Pendukung Redaksi

 

11.

Rizal Amrillah

Widianto

Rubianto

Haslan Maulana

S1 Komunikasi

S1 Ekonomi

S1 Hukum

S1 Komunikasi

Bagian Usaha (Business Department)

 


ANALISIS SWOT

Analisis SWOT merupakan metode perencanaan terstruktur yang digunakan untuk mengetahui kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman atau tantangan (threats) yang terdapat pada bisnis usaha.

Sebelumnya, kami telah melakukan survei pasar, terkait dengan: kebutuhan pasar, minat baca masyarakat, jaringan usaha, koran kompetitor, daya beli, SDM, segmentasi, demografis, geografis, dan psikografis masyarakat serta ketersediaan bahan baku untuk mencetak koran. Dari survei tersebut, berikut ini adalah analisis SWOT perusahaan kami.

A. Strengths

1. Kekuatan perusahaan terletak pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang berlatar belakang pendidikan sesuai dengan bidang pekerjaannya.  

2. Mempunyai target pasar yang jelas, baik dari pembaca maupun pengiklan.

3. Pemimpin perusahaan memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan perusahaan dengan baik.

4. Bisnis majalah bebas dari limbah industri karena setiap sampah dari hasil produksi akan didaur ulang untuk keperluan lainnya.

5. Memiliki kerja sama dengan jaringan kantor berita untuk mendapatkan berita teraktual seputar nasional dan internasional.

B. Weakness

1. Kurangnya pengalaman kerja sebagian staf karena mereka baru menamatkan pendidikan dan belum pernah bekerja di media.

2. Majalah ini merupakan majalah mingguan yang baru berdiri, sehingga belum dikenal masyarakat luas.

C. Opportunity

1. Adanya kebutuhan yang cukup besar dari masyarakat terhadap informasi, promosi dan hiburan.

D. Threats

1. Adanya media kompetitor yang telah menjadi market leader di masyarakat.

2. Adanya ketidakpekaan perusahaan terhadap selera masyarakat yang berubah-ubah.

3. Adanya diskon pemasangan iklan dari media media lain untuk menarik minat pengiklan.

RANCANGAN MAJALAH

A. Karakteristik Fisik Majalah

Ukuran Majalah : A4
Posisi : Tegak/ Portait
Jumlah Halaman : 20 halaman
Pewarnaan : Warna

B. Segmentasi

Pemilihan massa pembaca didasarkan pada faktor geografis, demografis, dan psikografis.

Geografis : Masyarakat Jember
Demografis          
- Jenis Kelamin : laki-laki dan perempuan
- Usia : 17 tahun ke atas
- Ekonomi : menengah ke atas
Psikografis
- Orang-orang yang mengikuti perkembangan teknologi dan informasi dan suka akan hal-hal yang inovatif menarik dan variatif
- Orang-orang yang memiliki kepekaan terhadap sekitarnya dalam berbagai aspek kehidupan
- Orang-orang yang bekerja maupun yang tidak bekerja

C. Periode Penerbitan

Waktu Terbit : Minggu
Harga : Rp 10.000
Wilayah Pemasaran : Seluruh Kabupaten Jember

D. Rencana Kerja Jangka Panjang

1. Perusahaan akan melakukan survei kebutuhan pembaca karena kebutuhan mereka terhadap informasi bisa saja berubah-ubah sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh sebab itu, agar mampu memenuhi kebutuhan pasar dengan baik, divisi redaksi akan melakukan jajak pendapat tertutup melalui angket. Sementara bidang sirkulasi bisa melakukan wawancara terbuka dengan para agen dan loper.

2. Perusahaan akan membangun percetakan jarak jauh untuk mengoptimalisasikan   sirkulasi majalah di luar daerah produksi.

3. Perusahaan memiliki target untuk meraih Break Event Point (BEP) pada tahun ketiga atau keempat.

E. Rubrikasi

Hari Minggu berjumlah 20 halaman dengan rubrik sebagai berikut.

Halaman Ke-

Rubrik

Jumlah Halaman

Deskripsi Rubrik

1

Halaman Utama

1

Berita-berita utama dari daerah, nasional, maupun internasional

2

Kota

1

Berita-berita seputar wilayah kota Jember

3 & 4

Nasional

2

Berita-berita nasional

5

Utara

1

Berita-berita seputar wilayah Jember Utara

6

Barat

1

Berita-berita seputar wilayah Jember barat

7

Timur

1

Berita-berita seputar wilayah Jember bagian timur

8

Selatan

1

Berita-berita seputar wilayah Jember bagian selatan

9

Tengah

1

Berita-berita seputar wilayah Jember bagian tengah

10

Politik

1

Berita-berita seputar dunia politik, baik daerah maupun nasional

11

Opini

1

Terdiri atas opini masyarakat, editorial, tim redaksi, muhasabah/renungan, salam pembaca, dan pojok.

12 & 13

Hiburan

2

Berisi puisi, pantun dan gambar-gambar yang inovatif, kreatif dan juga informatif

14 & 15

Olahraga

2

Berita-berita dari berbagai cabang olahraga

16 & 17

Iklan

2

Berisi iklan-iklan

18

Keluarga

1

Informasi-informasi menarik seputar keluarga

19

Ekonomi & Bisnis

1

Berita maupun informasi seputar ekonomi dan bisnis

20

Teknologi

1

Berita maupun informasi tentang perkembangan teknologi

PERIKLANAN

Penentuan tarif iklan adalah sebagai berikut.

-          Iklan display biasa    : Rp 24.000 per mm/kolom (warna)

-          Iklan keluarga           : Rp 16.000 per mm/kolom (hitam putih)

-          Iklan koloman           : Rp 14.000 per mm/kolom (hitam putih)

-          Iklan baris                 : Rp 6.000/baris

-          Iklan pariwara           : Rp 15.000 per mm/kolom

ESTIMASI DANA

Pendirian perusahaan ini menggunakan modal dari pemilik perusahaan, yaitu Yarmen Dinamika, sebesar Rp 10 Miliar. Dari total modal yang disediakan, sebesar Rp 5 Miliar dijadikan dana simpanan. Untuk kebutuhan awal, kami telah melakukan perhitungan dana yang harus dikeluarkan. Gambaran pengeluaran awal secara umum adalah sebagai berikut.

-          Sewa tempat                                          : Rp 15.000.000/tahun

-          Air                                                         : Rp 3.000.000/tahun

-          Listrik                                                    : Rp 2.400.000/tahun

-          Mesin produksi dan bahan baku            : Rp 2 Miliar

-          Peralatan wartawan                               : Rp 1 Miliar

-          Inventaris                                               : Rp 100.000.000

-          Transportasi                                           : Rp 350.000.000

-          Bahan bakar                                           : Rp 4000.000/bulan

-          Konsumsi                                               : Rp 15.000.000/bulan

-          Gaji karyawan                                       : Rp 150.000.000/bulan

-          Anggaran lainnya                                  : Rp 10.000.000

PENUTUP

Demikianlah proposal ini kami buat sebagai gambaran umum pendirian usaha Majalah MALMING. Kami berharap agar proposal ini dapat dipenuhi dan kami bisa menjalankan bisnis ini dengan sebaik-baiknya. Segala kritikan yang bersifat membangun sangat kami harapkan.

Akhir kata kepada Allahlah kita berlindung dan memohon ampunan. Semoga Allah memberikan yang terbaik bagi kita semua.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar